Obat & Penyakit

Share this

Waspada Gejala Kanker Pada Anak

kanker_anak_kabar sehat online
sciencedaily.com

KabarSEHATOnline - Tanggal 15 Januari diperingati sebagai Hari Kanker Anak sedunia. Kanker pada anak memang berbeda dari kanker yang dijumpai pada orang dewasa. Kanker pada orang dewasa dapat dicegah, sementara pada anak tidak.

Hingga kini, dari sekian banyak kanker yang dapat ditemui pada anak, baru satu jenis yang dapat dideteksi dini secara dini, yakni kanker bola mata atau dikenal dengan istilah retinoblastoma. Oleh karena itu, dalam hubungannya dengan kanker anak, penting bagi orang tua untuk mengetahui dan mewaspadai gejala kanker pada anak mengingat bahwa baru ada satu jenis kanker pada anak yang dapat dideteksi dini.

Beberapa gejala retinoblastoma pada anak, yaitu:

  1. Mata anak terlihat seperti mata kucing, ada bercak putih dibagian tengah mata yang bersinar apabila terkena cahaya.
  2. Gangguan penglihatan
  3. Juling
  4. Mata Merah

Leukemia merupakan jenis kanker yang paling banyak dijumpai pada anak-anak. Gejala-gejalanya antara lain adalah:

  1. Anak terlihat pucat
  2. Sering demam tidak jelas sebabnya
  3. Pendarahan tidak jelas sebabnya, seperti pendarahan kulit, gusi, mimisan
  4. Nyeri tulang
  5. Perut membesar
  6. Kejang

Setelah kita mengenal secara garis besar kanker jenis cair yang dikenal dengan istilah Leukemia, sekarang kita coba kenali jenis tumor padat pada anakBerikut adalah gejala-gejala yang harus diwaspadai orangtua:

  1. Pusing atau sakit kepala
  2. Muntah yang menyemprot
  3. Lumpuh
  4. Gangguan keseimbangan

Informasi tentang hal ini semua harus diketahui oleh orangtua dengan harapan agar para orangtua mendapat gambaran tentang apa saja yang akan dilakukan terhadap anaknya dalam upaya menegakkan diagnosis. Semakin dini dan cepat seorang anak yang terkena kanker ditangani, semakin besar kemungkinan sembuh pada anak tersebut. [SaS] Dikutip dari http://www.depkes.go.id/

Category: