Obat & Penyakit

Share this

Minum Obat Pakai Jus, Boleh Tidak?

Kabar Sehat Online - Peneliti dari University of Western, Ontario, Kanada, memaparkan hasil studi tentang efek obat bila dikonsumsi dengan dua minuman yang berbeda : jus buah dan air putih.

Disebutkan, pasien yang minum beberapa jenis obat dengan berbagai jenis jus--seperti jus jeruk, jus grapefruit, dan jus apel, justru mengalami penurunan kemampuan obat untuk mengatasi penyakit. Sebagian pasien secara teratur minum beberapa macam obat, yaitu jenis antihistamin feksofenadin (untuk mengobati alergi), obat untuk penyakit jantung, obat penstabil peredaran darah, dan beberapa jenis antibiotik.

Kepada mereka, para peneliti memberikan minuman ketiga jenis jus di atas. Hasilnya, efektifitas obat untuk mengatasi penyakit ternyata hanya bekerja setengahnya, dibandingkan dengan meminumnya menggunakan air putih saja. Selain itu, saat pasien meminum obat dengan jus tersebut, beberapa jenis konsentrasi obat-obatan meningkat drastis, sehingga berpotensi menjadi racun dalam darah. Hal itu pula yang menyebabkan penyerapan obat menjadi berkurang.

Untuk itu, para peneliti menyarankan pasien agar minum obat cukup dengan air putih. Bila ingin meminumnya bersama jus, tanyakan dulu kepada dokter, apakah obat yang perlu diminumnya berpotensi menimbulkan reaksi negatif di dalam tubuh.

Sumber lain juga menyebutkan, minum obat terbaik adalah dengan air putih. Namun, jangan minum dengan air yang panas karena dapat menghancurkan efektivitas obat. Selain itu, dokter menyarankan agar minum obat dengan segelas penuh air putih agar bisa mendorong obat untuk cepat sampai ke perut tanpa tersangkut di tenggorokan. Sumber : Femina, safemedicationuse.ca, humana.com

Tags: