Obat & Penyakit

Share this

Cara Bijak Mengontrol Hipertensi

Cara Bijak Mengontrol Hipertensi
thinkhealthmag.com

KabarSEHATOnline Hipertensi, atau sering disebut sebagai penyakit darah tinggi, masih sedikit sekali dipahami oleh masyarakat awam. Fakta penting mengenai hipertensi adalah penyakit ini merupakan salah satu pembunuh paling ganas bila tidak ditangani dengan baik. Biasanya kita cenderung menganggap bahwa sakit kepala merupakan suatu pertanda darah tinggi, padahal menurut American Heart Association, banyak penderita hipertensi tidak memiliki gejala apapun.

Hipertensi adalah suatu keadaan tidak normal pada seseorang dengan memiliki tekanan darah tinggi yang menetap (sistolik=140 mmHg dan diastolik=90 mmHg). Oleh karena itu, penderita hipertensi harus menyadari pentingnya kontrol kembali ke dokter yang merawat.

Ketidakpatuhan meminum obat dan kontrol ke dokter akan berisiko terjadi kerusakan pembuluh darah yang pada akhirnya bersifat fatal (menyebabkan kematian). Seorang penderita hipertensi harus berusaha menjaga tekanan darahnya dalam batas normal sehingga tidak terjadi komplikasi seperti gagal jantung, gagal ginjal, stroke, penyakit jantung koroner, dan masih banyak lagi.

Salah satu komponen penting dalam upaya mengendalikan tekanan darah tinggi adalah mengonsumsi obat darah tinggi. Namun sayangnya, sebagian besar penderita hanya mengonsumsi obat yang diberikan bila sudah ada gejala sakit kepala atau pusing, dan tekanan darahnya naik. Saat tekanan darah sudah normal dan tidak ada keluhan, maka obat dihentikan.

Hipertensi adalah suatu keadaan patologis yang bersifat menetap, maka obat antihipertensi wajib dikonsumsi setiap hari dan seumur hidup, bukan hanya bila sedang timbul gejala. Meskipun hipertensi tidak dapat sembuh, tapi penyakit ini dapat dikontrol. Selain obat, hipertensi dapat dikontrol dengan olahraga, menjaga berat badan ideal, mengatur pola makan, dan menurunkan faktor risiko lain seperti kolesterol dan diabetes.

Keraguan untuk mengonsumsi obat hipertensi dengan alasan ketakutan akan kerusakan ginjal, sebenarnya tidak benar. Hipertensi yang dibiarkan dalam waktu lama justru akan menyebabkan penyempitan pada seluruh pembuluh darah arteri dan bersifat progresif, termasuk pembuluh darah yang menyuplai darah ke otak (menyebabkan stroke), jantung (menyebabkan penyakit jantung koroner dan kematian mendadak) dan ginjal (yang menyebabkan gagal ginjal sampai dengan cuci darah).

Penderita hipertensi berat (tekanan darah >160 mmHg) apabila tidak mengonsumsi obat darah tinggi akan berujung pada cuci darah dalam waktu 5 tahun karena penyempitan pembuluh darah ginjal, sementara bila memakan obat darah tinggi, mungkin berpuluh tahun baru ginjal akan terpengaruh efek samping obat, sementara penyempitan pembuluh darah ginjal terjadi sangat minimal. Manakah yang akan Anda pilih? [Taz] Dikutip dari kardioipdrscm.com

Category: 

Comments

mumpung masih sehat dan kuat mari kita ubah pola hidup kita yg kurang baik menjadi pola hidup sehat yg menyenangkan dengan makan makanan bergizi yg cukup, tidak berlebihan dan olahraga teratur.
dan yang paling utama kita harus bersyukur atas apa yg telah kita dapat, semoga Allah menambahkannya dengan yg berlipat ganda. Amin

Ayo Olah Raga agar tdk terserang Hypertensi.......

Jangan takut jika menderita hipertensi...
Asalkan terkontrol, penderita hipertensi dapat menikmati hidup dengan berkualitas
Rajinlah mengukur tekanan darah, minum obat teratur, makanan sehat dengan rendah natrium dan jangan lupa untuk berolahraga
Faktor yang paling penting adalah dapat mengatasi stres. Hipertensi erat kaitannya dengan stres
Positive thinking dan memiliki cara pandang bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya sangat banyak membantu untuk mengontrol tekanan darah.

Atasi stress maka tekanan darah akan terkontrol.....

Menjaga emosi... itu juga menjadi salah satu cara mengontrol tekanan darah.
Emosi, baik terlalu bergembira, marah, ataupun bersedih akan mempengaruhi tekanan darah.
Jika sedang gembira, janganlah terlalu berlebihan.
Begitu pula dengan marah dan sedih..
Semua yang berlebihan tidaklah baik.
Yang sedang2 saja.. :D

KEEP
CALM
AND
BE
HEALTHY

Selain pola hidup yg sehat, olah raga teratur & minum obat, dukungan dari orang terdekat juga sangat dibutuhkan dlm proses ini. Saya sudah divonis hipertensi sejak berumur 15 thn. Karena kesibukan & hal-hal lain terkadang lupa untuk minum obat & menjaga pola hidup. Akan tetapi karena banyak dukungan & perhatian dari org sekitar untuk mengingatkan saya minum obat, menjaga makanan dll sangat membantu sekali dlm mengontrol tekanan darah.