Konsultasi

Share this

Varises Di Betis Kaki

dr. Lubbi,

Saya ingin tanya berkenaan dengan varises, betis kaki / belakang dengkul gampang pegal-pegal. Apakah varises ini dapat disembuhkan ? Apakah varises mempengaruhi kelancaran aliran darah ? Selain di kaki daerah mana lagi ditubuh ini yang perlu menjadi perhatian agar tidak terjadi varises ?

Raka, Jakarta

JAWABAN:

Dear Pak Raka,

Varises merupakan pelebaran pembuluh darah balik (vena) yang terjadi akibat tekanan dalam vena meningkat ataupun karena kerusakan katup vena. Pada varises ringan biasanya akan muncul gambaran perubahan pada kulit seperti menonjol, kebiruan disertai dengan nyeri, pegel, kram, lelah, atau rasa terbakar. Pada kondisi yang berat bisa menimbulkan masalah pembuluh darah yang lebih serius.

Varises tentu bisa diobati biasanya dengan menggunakan agen skleroterapi (obat disuntikkan ke varises, untuk merusak pembuluh darah vena yang melebar dan diubah menjadi jaringan ikat). Varises bisa menjadi salah satu tanda akibat aliran darah tidak lancar, baik karena adanya sumbatan atau gangguan pada katup diatas. Selain di kaki, bisa juga terkena di daerah testis pada laki-laki, daerah perut atau bawah perut.

Semoga membantu.. =)

Form Konsultasi

Image CAPTCHA
Enter the characters shown in the image.