Kabar Utama

Share this

Serial Patient Compliance 68 – Lama Proses Pengobatan Neuropati Diabetes

neuropati, diabetes, patient, compliance, kabar, sehat, online
123rf.com

KabarSEHATOnline - Diabetes dapat menimbulkan berbagai komplikasi kronis pada berbagai organ vital. Salah satunya komplikasi yang disebut neuropati diabetes. Neuropati dapat menurunkan kualitas hidup pasien. Gejala yang ditimbulkan bisa sangat mengganggu terlebih lagi jika terdapat komplikasi karena neuropati. misalnya terjatuh, luka di kaki, gangguan jantung dan usus ataupun kondisi yang lebih serius dan dapat menyebabkan patah tulang, amputasi serta kematian pada pasien diabetes melitus.

Berapa lama proses pengobatan neuropati diabetes?
Pengobatan neuropati diabetes adalah pengobatan dengan menggunakan kombinasi obat-obatan, bukan pengobatan tunggal. Pengobatan untuk neuropati diabetes berdasarkan tingkat keparahan dan gejala yang muncul.

Pada neuropati diabetes, telah terjadi kerusakan pada sel saraf. Seperti yang telah diketahui, sel saraf adalah salah satu sel dalam tubuh yang tidak dapat beregenerasi. Oleh karena itu, pengobatan diabetes neuropati adalah pengobatan jangka panjang yang membutuhkan kesabaran dan disiplin. Efikasi dari obat-obatan yang digunakan untuk pengobatan neuropati diabetes juga tidak dapat langsung dirasakan.

Beberapa studi klinis menunjukkan bahwa penurunan rasa nyeri baru dirasakan oleh pasien pada minggu kedua setelah pengobatan. Beberapa obat juga menimbulkan efek samping selama penggunaan, sangat dianjurkan untuk tidak menghentikan pengobatan sendiri, sebaiknya laporan kepada dokter yang menangani apabila timbul efek samping. Beberapa obat tertentu dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan apabila pengobatan dihentikan secara mendadak. Keputusan untuk menghentikan pengobatan hanya dapat dilakukan oleh dokter.

Hal penting yang perlu diingat oleh penderita neuropati diabetes:

  1. Terjadinya neuropati diabetes berhubungan dengan tidak terkendalinya kadar glukosa darah. Pengontrolan kadar glukosa darah, pola makan yang sehat, dan aktivitas fisik atau olah raga teratur dapat mencegah terjadinya neuropati diabetes atau mencegah gejala agar tidak semakin parahnya.
  2. Neuropati diabetes pada umumnya menyebabkan rasa nyeri, kebas, rasa seperti tertusuk jarum, rasa terbakar dan dapat mempengaruhi seluruh tubuh. Namun, bagian tubuh yang paling sering mengalami keluhan adalah lengan tangan, telapak tangan, kaki, dan jari-jari kaki. Organ lain yang terpengaruh antara lain, saluran pencernaan, jantung dan pembuluh darah, serta saluran kemih dan reproduksi.
  3. Pengobatan neuropati diabetes adalah pengobatan menggunakan kombinasi obat dan membutuhkan waktu yang lama untuk menunjukkan adanya perbaikan. Ada kemungkinan untuk timbulnya efek samping dari pengobatan, tidak dianjurkan untuk menghentikan pengobatan sendiri. Keputusan penghentian pengobatan hanya dapat dilakukan oleh dokter yang menangani. Laporan setiap kejadian adanya efek samping dalam proses pengobatan kepada dokter.
  4. Kontrol kadar glukosa darah, olah raga teratur, minum obat secara rutin, dapat membantu memperbaiki kualitas hidup pasien neuropati diabetes. [ANA, KNI]


Baca juga:
Serial Patient Compliance 65 – Waspada Gejala Kerusakan Saraf Karena Diabetes

Serial Patient Compliance 66 – Kenali Gejala dan Penyebab Neuropati Diabetes

Serial Patient Compliance 67 – Ini Cara Pencegahan dan Penanganan Neuropati Diabetes 

Display on:: 

Category: