Kabar Utama

Share this

Serial Patient Compliance 30 – Apa yang Harus Dilakukan Saat Mengalami Serangan Jantung

serangan jantung_gejala_penanganan_patient compliance
symptomsof.info

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai hal-hal yang harus dilakukan saat mengalami serangan jantung, idealnya kita harus paham apa saja yang termasuk gejala dari serangan jantung. Gejala dari sindrome koroner akut seperti serangan jantung memiliki karakteristik tersendiri yaitu:

  1. Nyeri dada yang spesifik seperti ditusuk, ditekan, terbakar, ditindih benda berat, diperas atau diplintir.
  2. Nyeri menjalar ke leher, lengan kiri, rahang bawah, gigi, punggung, dapat juga ke lengan kanan.
  3. Nyeri membaik atau berkurang dengan istirahat atau nitrat.
  4. Faktor pencetus: latihan fisik, stres, emosi, udara dingin dan sesudah makan.
  5. Gejala penyerta: mual, muntah, sulit bernafas, keringat dingin, dan lemas.

Lokasi Nyeri Awal Akibat Serangan Jantung (Merah Gelap) dan Penyebarannya (Merah Terang)

Setelah mengalami gejala terkait serangan jantung, tidak ada hal lain yang bisa dilakukan kecuali sesegera mungkin mendapatkan perawatan di rumah sakit. Biasanya pada instalasi gawat darurat, karena serangan jantung merupakan penyakit dengan kegawatdaruratan yang mengancam jiwa sehingga perlu penanganan cepat, tepat dan cermat.

Dalam serangan jantung dikenal istilah “time is muscle”, waktu adalah otot, yang menggambarkan betapa berharganya kecepatan waktu penanganan untuk mencegah kerusakan dan kematian otot jantung yang semakin luas. Selain itu, penyakit jantung koroner memiliki mortalitas dan morbiditas tinggi, 40 % kematian terjadi sebelum sampai di rumah sakit. Kemudian 250.000 kematian di Amerika terkait serangan jantung terjadi dalam waktu 1 jam setelah gejala atau serangan jantung dan sebelum terapi dimulai. Oleh karena itulah orang dengan gejala serangan jantung harus segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan terapi yang tepat. Selain tujuan diatas, penanganan yang cepat dari serangan jantung bertujuan untuk:

  1. Menurunkan angka kematian dan kesakitan
  2. Mengurangi nyeri
  3. Mencegah komplikasi
  4. Reperfusi (mengembalikan aliran darah ke jantung) secepat mungkin

Sekilas merupakan terapi yang akan didapatkan oleh pasien dengan serangan jantung khususnya akibat infark miokard dengan elevasi segmen ST. Modalitas terapi ini dikenal dengan singkatan “MONACO”, yang dijabarkan sebagai berikut:

  1. Morphine = antinyeri
  2. Oksigen = membantu pemenuhan kebutuhan O2
  3. Nitrat = melebarkan pembuluh darah
  4. Aspirin = mencegah sumbatan baru
  5. ClOpidogrel = mencegah sumbatan baru

Setelah dilakukan penilaian, pasien dengan serangan jantung akan menjalani terapi reperfusi, yaitu terapi yang ditujukan untuk membuka sumbatan pada pembuluh darah yang bertujuan menyelamatkan otot jantung yang tidak mendapatkan oksigen. Ada dua pilihan yang bisa dilakukan, yang pertama dengan menggunakan obat-obatan, dan yang kedua dengan menggunakan intervensi non-obat.

Streptokinase merupakan enzim yang lazim digunakan untuk membuka sumbatan pada pembuluh darah pasien dengan serangan jantung. Sedangkan intervensi non-obat dapat menggunakan metode pemasangan ring (cincin), balon atau pemasangan bypass arteri.

Terapi Reperfusi pada Serangan Jantung, Terapi Trombolitik dengan Streptase (Kiri Atas), Pemasangan Ring (Kanan Atas), Pemasangan Bypass (Kiri Bawah) dan Penggunaan Balon untuk Memperlebar Pembuluh Darah (Kanan Bawah)

Baca juga: Serial Patient Compliance 27 – Serangan Jantung, Penyebab Kematian Tertinggi di Indonesia, Serial Patient Compliance 28 – Apa yang Terjadi pada Serangan Jantung dan Serial Patient Compliance 29 – Bagaimana Menghindari Serangan Jantung

Daftar Referensi:

  1. Muchid A, et al. Pharmaceutical care untuk pasien penyakit jantung koroner: fokus sindrom koroner akut. Direktorat Bina Farmasi Komunitas dan Klinik Depkes RI 2006.
  2. http://www.medistra.com/index.php?option=com_content&view=article&id=170
  3. http://en.wikipedia.org/wiki/Thrombus#mediaviewer/File:Blausen_0053_Arte...
  4. http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs310/en/

Display on:: 

Category: