Kabar Utama

Share this

Galakkan Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk

Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk
acralive.org

KabarSEHATOnline Jumlah angka kematian akibat demam berdarah di Jakarta meningkat di tahun 2013 dibandingkan dua tahun sebelumnya. Tahun 2011 terdapat 3 jumlah kematian, tahun 2012 meningkat menjadi 5 kematian, sedangkan sampai dengan pertengahan tahun ini sudah 7 jumlah kematian. Apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi?

Ketua Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, John Marbun mengatakan, kenaikan tersebut salah satu disebabkan oleh kurangnya pengontrolan terhadap gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Jika gerakan PSN dilakukan secara rutin tentunya akan dapat menekan angka kematian akibat DBD. Sebagai contoh di Kuba, hal seperti ini dilakukan serentak, rutin, dan sepanjang tahun. Sehingga, saat ini Kuba menjadi negara juara 1 dengan kasus DBD terendah dengan mengurangi angka kasus DBD hingga 0 persen.

PSN merupakan gerakan yang mencakup 3M Plus, yaitu;

  1. Menguras; Menguras wadah air seperti bak mandi, tempayan, ember, vas bunga, tempat minum burung, penampung air kulkas agar telur dan jentik Aedes mati.
  2. Menutup; Menutup rapat semua wadah air agar nyamuk Aedes tidak dapat masuk dan bertelur.
  3. Mengubur; Mengubur atau memusnahkan semua barang bekas yang dapat menampung air hujan seperti ban bekas, kaleng bekas, pecahan botol agar tidak menjadi sarang dan tempat bertelur nyamuk Aedes.

Plus: menghindari gigitan nyamuk, memantau semua wadah air yang dapat menjadi tempat jentik nyamuk berkembang biak.

Keempat kegiatan diatas jika dilakukan rutin sekali setiap minggu mampu menekan angka prevalensi penyakit DB. Agar selalu diingat maka dianjurkan gerakan PSN dilaksanakan serempak setiap hari Jumat pada pukul 09.00 hingga 09.30. Hari Jumat dipilih karena biasanya hari tersebut merupakan hari krida yang masyarakat bisa melakukan gotong royong membersihkan lingkungan.

John mengatakan, syarat melakukan PSN hanya harus rutin, tidak perlu terpaku dengan hari Jumat. Alasan melakukannya setiap Jumat adalah agar serentak dan mudah diingat dan diawasi.

Melalui gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), DKI Jakarta menargetkan bebas demam berdarah pada tahun 2020. [SaS] Dikutip dari infopublik.kominfo.go.id

Display on:: 

Category: 

Comments

Mandi 2x sehari akan membuat badan kita berasa segar dan tidak lengket.
Selain itu menghindarkan diri dari gigitan nyamuk, karena nyamuk lebih tertarik pada kulit yang lengket akibat keringat.

Kegiatan diatas, yakni 3M plus cukup baik. Akan tetapi, bila tidak diikuti tindakan yang konsisten maka informasi hanya sekadar "iklan" saja. Kecenderungannya adalah, masyarakat bila tidak ditegur/diawasi maka kegiatan 3M plus jarang dilakukan. Bahkan ada yang harus ada doorprize untuk acara seperti ini, agar masyarakat tertarik.

Pendidikan sejak dini yang konsisten diperlukan, karena adalah lebih mudah mendidik karakter anak-anak, daripada mengubah karakter dewasa yang sudah menjadi kebiasaan. Dengan adanya karakter hidup bersih dan sehat maka kesadaran hidup sehat masyarakat akan tinggi.

Tidak ada kata terlambat, untuk mengubah karakter hidup sehat masyarakat Indonesia, ASAL kita mau dan komitmen.