Kabar Utama

Share this

17 Kosmetika Bahan Berbahaya Temuan Badan POM

17 Kosmetika Bahan Berbahaya Temuan Badan POM
Dok. Kabar Sehat

KabarSEHATOnlineUntuk melindungi masyarakat dari penggunaan kosmetika yang tidak memenuhi persyaratan keamanan, manfaat dan mutu, Badan POM secara rutin dan berkesinambungan melakukan pengawasan peredaran kosmetika, termasuk kemungkinan penggunaan bahan berbahaya/dilarang dalam sediaan kosmetika.

Berdasarkan hasil pengawasan Badan POM di seluruh Indonesia sampai dengan bulan Maret 2013 ditemukan 17 item kosmetika yang mengandung bahan berbahaya/dilarang. Peringatan publik ini bertujuan agar masyarakat tidak menggunakan kosmetika tersebut karena dapat membahayakan kesehatan.

Bahan berbahaya/ dilarang yang diidentifikasi terkandung dalam kosmetika sampai dengan bulan Maret 2013 menunjukkan tren yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu penggunaan bahan berbahaya/dilarang pada bahan pemutih kulit. Tren penjualan kosmetika mengandung bahan berbahaya/dilarang yang masuk dalam daftar peringatan publik ini banyak didapatkan melalui media online (internet), klinik kecantikan dan salon.

Sebagai tindak lanjut terhadap seluruh temuan kosmetika mengandung bahan berbahaya/dilarang tersebut, dilakukan penarikan produk dari peredaran dan dimusnahkan.

Kepada masyarakat ditegaskan untuk tidak menggunakan kosmetika mengandung bahan berbahaya/dilarang sebagaimana tercantum dalam lampiran peringatan publik disini karena dapat menyebabkan risiko bagi kesehatan bahkan dapat berakibat fatal.

Masyarakat juga dapat melaporkan kepada Badan POM atau Pemda setempat apabila diduga adanya produksi dan peredaran kosmetika secara ilegal kepada Unit Layanan Pengaduan Konsumen Badan POM RI di Jakarta, nomor telepon: 021-4263333 dan 021-32199000 atau email ulpk@pom.go.id dan ulpk_badanpom@yahoo.co.id atau melalui Layanan Informasi Konsumen di Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia. [SaS] Dikutip dari situs Badan POM (www.pom.go.id)

Display on:: 

Category: 

Comments

Setelah melihat list kosmetika berbahaya, ternyata ada yang mengatasnamakan dokter, SpKK lagi...jadi jangan mudah percaya dengan produk yang mengatasnamakan dokter, tapi dijual bebas tanpa harus periksa ke dokternya langsung. Hati-hati pilih produk kosmetik, bukan cantik yang didapat malah penyakit yang mendekat...

Hihihihi, ngga disebut merk nya apa aja ya?

Ali, untuk melihat 17 nama-nama merk kosmetiknya bisa di klik di tulisan disini yang ada di paragraf kelima :)

Wah mantap. Warna nya nyaru sih, maklum, mata tua O_O

Informasi yang sangat bermanfaat. Namun saya ingin menyoroti dalam lampiran daftar kosmetik yang berbahaya, terdapat keterangan "tanpa izin edar (nomor izin edar fiktif)". Mungkin kabar sehat online bisa bekerja sama dengan BPOM untuk memberi informasi mengenai kode/ciri izin edar yang resmi dari BPOM agar masyarakat bisa lebih teliti. Karena seperti uang palsu, bila kita tidak cermat dalam mengecek nomor izin edar yang resmi, maka bisa merugikan.

Bravo Kabar sehat online, semoga dapat terus menjadi media yang mencerdaskan masyarakat.

Informasi-informasi seperti ini sangat diperlukan masyarakat, karena bila tidak dipublish maka hanya sedikit masyarakat yang mengetahui bahwa produk tersebut mengandung bahan berbahaya. Terimakasih infonya. :)

Bagi kaum hawa yang ingin tampil lebih putih dan bebas jerawat, pintar-pintarlah memilih produk yang akan digunakan.

Teliti Sebelum Membeli mungkin budaya ini yang masih perlu ditingkatkan di kalangan masyarakat.. Hal yang bisa dilakukan adalah baca terlebih dahulu setiap komponen yang ada dalam produk yang akan kita beli, apakah mengandung bahan berbahaya atau dilarang untuk digunakan..Yuks kita jadi konsumen yang semakin sadar akan kualitas dan keamanan produk yang kita gunakan..