Inspirasi

Share this

Jantung-Ku, Pompa Hidup-Ku

Jantung-Ku, Pompa Hidup-Ku
Dok. Kabar Sehat Online

Oleh Karyanto, Pemimpin Redaksi Kabar Sehat Online

Jantung adalah rongga organ berotot yang memompa darah melalui pembuluh darah karena adanya kontraksi berirama secara berulang-ulang. Saat manusia tidurpun, jantung terus bekerja memompa darah…!

Saat berdenyut setiap ruang jantung mengendur dan terisi darah, disebut diastol. Saat jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung, disebut sistol. Jantung merupakan salah satu organ terpenting tubuh. Kelainan pada organ ini, beresiko terjadinya kematian.

Penyakit Jantung terjadi antara lain, disebabkan karena Otot jantung yang lemah, boleh jadi  karena bawaan sejak lahir. Otot jantung yang lemah mengakibatkan penderita tidak dapat melakukan aktivitas yang berlebihan. Penderitanya mudah pingsan.

Serangan jantung merupakan kondisi yang menyebabkan jantung sama sekali tidak berfungsi. Terjadi secara mendadak, dunia kedokteran menyebutnya gagal jantung. Penyebabnya bervariasi, tapi penyebab utamanya adalah terhambatnya suplai darah ke otot-otot jantung.

Studi membuktikan bahwa mengurangi merokok tidak mengurangi risiko penyakit jantung, yang dapat mengurangi adalah apabila benar-benar berhenti merokok. Journal of the American College of Cardiology mengungkapkan mengkonsumsi Vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Penelitian lain menunjukkan, resiko penyakit jantung dapat berkurang dengan mengurangi konsumsi garam, mengkonsumsi makanan seperti’ Ikan Salmon, Tomat, Minyak Zaitun, Gandum, Almond, dan Apel juga baik untuk kesehatan jantung. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah memilih gaya hidup sehat!

Peran organ tubuh yang bernama jantung, sungguh sangat vital. Sebab, jantung terus bekerja selama tubuh orang dinyatakan hidup. Sementara organ lainnya, sering kali istirahat, pada saat-saat orang tidur. Sebaliknya jantung, terus berdetak sepanjang manusia hidup.

Kerjanya memang monoton- yaitu memompa darah agar terus mengalir melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh. Jantung-Ku, Adalah Pompa Hidup-Ku. Sebuah tugas yang teramat penting bagi organ-organ tubuh lain.

Banyak kisah pilu-menimpa banyak orang, karena tiba-tiba jantungnya berhenti berdenyut. Padahal, sesaat sebelumnya, tubuh itu terlihat bugar. Bahkan, sedang melakukan aktivitas yang terbilang sehat, seperti sedang ber-olah raga, sedang duduk-duduk rileks, sedang menikmati kerja di kantor, tanpa ada sinyal yang jelas, jantung tiba-tiba berhenti memompa darah!

Untuk itu, tidak ada cara lain untuk merawat ‘si tukang pompa’ tubuh kita ini untuk agar tetap sehat dengan menjaga pola makan yang sehat, gaya hidup yang sehat, rutin berolahraga secara cukup. Deg-deg-deg…demikian bunyi detak jantung yang mengiringi segala aktivitas kita. Kesetiaannya untuk berdetak, sungguh mempesona!

Category: