Inspirasi

Share this

dr. R.W. Nanda Dewi, SpKK, Banyak Menangani Pasien Pria

dokter Nanda Dewi_kulit_persona_kabar sehat online
Dok. Kabar Sehat Online

KabarSEHATOnline Dewasa ini, penampilan menjadi penunjang bagi karir seseorang. Tak terkecuali bagi kaum pria. Aktifitas merawat diri yang dahulu kerap hanya dilakukan oleh wanita, kini juga menjadi tren bagi sebagian pria modern.

Perubahan tren ini juga dirasakan langsung oleh dr. R.W. Nanda Dewi, SpKK. Dokter kecantikan lulusan FK UNPAD ini mengaku banyak menangani pasien pria. “Sekarang banyak pria yang dalam pekerjaannya harus tampil di depan umum. Karena itu, mereka semakin peduli dengan penampilan fisik mereka,” katanya.

Kebanyakan kaum pria tidak terlalu mementingkan masalah kulit putih. “Mereka biasanya hanya menginginkan penampilan itu enak dilihat di depan banyak orang dan ingin kelihatan bersih wajahnya,” ujar  Pembina Skin Health & Beauty Care RS Cibabat Cimahi, Bandung.

Sedangkan wanita memiliki keluhan yang lebih bervariasi. “Dari umur saja, pasien wanita lebih bervariasimulai dari remaja, wanita karir sampai ibu-ibu. Masing- masing punya problem-nya sendiri,” katanya

Keluhan remaja wanita biasanya berkaitan dengan pubertas seperti jerawat. Sementara untuk usia menengah  dan ibu- ibu cenderung seputar pigmentasi dan kulit kusam atau kerutan- kerutan di wajah yang disebabkan faktor usia.

Menurut dr. Nanda, kecenderungan untuk tampil lebih baik tidak hanya berlaku di masyarakat perkotaan saja. Sudah banyak masyarakat yang tinggal di daerah yang peduli dengan penampilan. “Sekarang saya sering menjumpai beberapa daerah atau kota kecil yang sudah ada beauty center,” kata dokter yang pernah mengenyam pendidikan di Belanda.

Hanya saja, masih banyak beauty center di beberapa daerah tersebut yang dikelola oleh orang- orang yang tidak berkompeten. “Kebanyakan dari mereka beli obat kemudian dijual lagi dan bilang ke konsumen bahwa obat itu rekomendasi dari dokter,” katanya.

Produk- produk kosmetik baru juga kian membanjiri pasar. Menanggapi hal itu, dr. Nanda berpesan agar konsumen lebih selektif dan berhati- hati memilih produk. “Bisa melihat izin BPOM- nya. Setidaknya itu menyatakan bahwa produk tersebut aman untuk digunakan,” katanya. Jika ragu atau tidak paham dengan produknya, dr. Nanda menganjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter. [Hendy/Budi] Sumber: Tabloid Kabar Sehat Edisi 23

Category: