Obat & Penyakit

Share this

Teh dan Kopi Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Teh dan Kopi Turunkan Tekanan Darah Tinggi
123rf.com

KabarSEHATOnline - Jika anda gemar meminum teh atau kopi, mungkin anda bisa saja terhindar dari resiko terkena tekanan darah tinggi. Belum lama ini, hasil penelitian menyatakan bahwa minum teh atau kopi mampu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Penurunan tersebut memang kecil, tapi signifikan.
Selain itu, hasil penelitian tersebut juga menyatakan bahwa minum teh dan kopi juga mampu menurunkan denyut nadi dan detak jantung secara signifikan. Meskipun, teh dapat lebih baik menurunkan detak jantung.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Dr Bruno Pannier (Centre d'Investigasi preventives et Cliniques, Paris, Prancis) dan telah dipublikasikan pada acara the European Society of Hypertension (ESH) 2013 Scientific Sessions di Italia pada medio Juni 2013.

Dr Pannier mengatakan bahwa memang sebelumnya sudah ada penelitian lain yang menyatakan bahwa ada hubungan antara mengonsumsi teh dan kopi dengan tekanan darah, tetapi analisis tersebut belum konklusif. Beberapa penelitian telah menyatakan ada hubungannya, sementara yang lain tidak menemukan hubungan antara konsumsi teh atau kopi dan tekanan darah.

Dalam penelitiannya, Dr Pannier meneliti 176.437 subyek yang berusia 16-95 tahun dan pernah melakukan pemeriksaan di pusat klinik mereka antara tahun 2001 hingga 2011. Dr Pannier menjelaskan bahwa analisis tersebut hanya berdasarkan kuesioner yang menanyakan peserta berapa banyak kopi atau teh yang mereka minum per hari. Subyek tersebut dikelompokkan menjadi tiga: mereka yang tidak minum kopi atau teh; mereka yang minum 1-4 cangkir kopi atau teh; dan mereka yang minum lebih dari empat cangkir kopi atau teh.

“Secara keseluruhan, subyek lebih sering mengonsumsi kopi daripada teh, meskipun ada perbedaan antara jenis kelamin”, kata Pannier. Pria lebih sering minum kopi, sementara wanita lebih sering minum teh. Konsumsi kopi juga secara signifikan terkait dengan konsumsi tembakau dan kadar kolesterol tinggi. Konsumsi Teh, di sisi lain, terkait dengan kadar kolesterol yang lebih rendah. Akan tetapi ada nilai yang sama pada keduanya, yaitu tingkat stress dan indeks depresi yang tinggi.

Saat berbicara pada forum ESH 2013, Dr Pannier menjelaskan bahwa pada penelitian tersebut, kuesioner yang diberikan tidak cukup mampu untuk memperkirakan jumlah kandungan kafein dalam kopi yang dikonsumsi subyek. Selain itu, tidak dibedakan antara konsumsi teh hijau, teh hitam, atau teh herbal, yang merupakan salah satu keterbatasan analisis penelitian ini.

Tapi Dr Pannier percaya bahwa teh merupakan sumber utama dari flavonoid dimana senyawa ini dapat meningkatkan vasodilatasi. "Senyawa vasorelaxing yang terdapat dalam teh mungkin berpengaruh dalam hasil penelitian ini," katanya. [Taz] Dikutip dari www.medscape.com dan www.TheHeart.org

Category: 

Comments

Dear Kabar Sehat Online

membaca artikel ini saya jadi tahu bahwa selain menghilangkan ngantuk setelah minup kopi, ternyata Teh dan Kopi Turunkan Tekanan Darah Tinggi. banyak yang tidak tahu tentang hal ini, kebanyak orang minum kopi untuk menghilangkan ngantuk saja. akan tetapi, jenis kopi yang bagaimana yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi? sebab kopi banyak ragamnya, ada yang kopi asli, ada kopi luwak (ASLI) dan berbagai jenis kopi lainnya? sebab disini tidak disebutkan jenis kopinya. mohon di Replay

Terimakasih KSO
Miftahuddin

Pantas saja setelah minum kopi kita merasa lebih rileks. Mungkin efek rileks ini yg membuat tekanan darah kita lebih terkontrol/turun.