Article

Share this

Waktu Tidur Pengaruhi Kekuatan Otak Anak

Waktu Tidur Pengaruhi Kekuatan Otak Anak
philly.com

KabarSEHATonline Dalam penelitian terbaru, diketahui bahwa anak-anak yang tidur pada waktu tetap setiap malam akan menunjukkan prestasi lebih baik dalam membaca dan matematika serta pengetahuan spasial. Studi ini dipublikasikan di Journal of Epidemiology and Community Health setelah menguji lebih dari 10.000 anak-anak di Inggris.

Para peneliti menemukan adanya pengaruh waktu tidur yang tidak konsisten terhadap perkembangan kognitif anak-anak tersebut. Peneliti menguji kecakapan anak-anak tersebut dalam melakukan tugas tertentu dengan menilai kemampuan membaca, matematika, dan pengetahuan spasial.

Mereka menemukan bahwa anak-anak berusia tiga tahun yang tidur pada waktu tidak teratur menunjukkan kemampuan yang lebih rendah dibandingkan anak-anak yang tidur pada waktu tetap selama satu minggu.

Dampak yang sama juga terlihat pada anak perempuan berusia tujuh tahun, walaupun anak laki-laki tidak terpengaruh. Sementara itu, tidak ditemukan adanya efek yang terlihat baik pada anak perempuan atau anak laki-laki berusia lima tahun.

“Tidur memiliki peran penting dan kompleks dalam memelihara kesehatan dan fungsi tubuh yang optimal,” dalam tulisan di Jurnal tersebut. “Jadwal tidur yang tidak tetap dapat berdampak pada penanda perkembangan kognitif dalam dua cara, melalui gangguan ritme sirkardian (perubahan fisik, mental, dan perilaku) dan/atau kekurangan jam tidur dan efek pada plastisitas otak (kemampuan otak untuk berubah sepanjang kehidupan).”

Emma James, seorang ahli perilaku yang membantu para orang tua yang sering kurang tidur untuk mengatur waktu tidur anak-anak mereka, mengatakan bahwa banyak orang meremehkan kekuatan istirahat dan rutinitas.

Dia menegaskan bahwa memahami ilmu tentang tidur sangat penting untuk digalakkan. “Kita belajar untuk tidur,” ujarnya. “Semua orang menganggap sudah tahu tapi beberapa anak perlu diajari.”

“Kita semua tahu anak-anak berkembang setiap hari - mereka ingin tahu apa, mengapa, dimana, kapan, dan bagaimana. Dengan mengubah rutinitas, kita (dapat) mempengaruhi kualitas tidur mereka. Hal itu (tentu) memiliki beberapa konsekuensi.” [Wen] Dikutip dari news.sky.com

Category: