Article

Share this

Serba-Serbi Rambut Rontok: 7 Makanan Pro Rambut

makanan, makan, alami, sehat, rambut, rontok, ikan, telur, oat, susu, kacang, sayur, kiwi
123rf.com

KabarSEHATOnline - Selain beberapa treatment yang dapat dilakukan untuk merawat rambut rontok, proses perawatan rambut rontok dapat dibantu dengan memenuhi sumber nutrisi yang menunjang kesehatan rambut. Pastikan tubuh mendapatkan cukup nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan rambut, seperti protein, zat besi, dan vitamin B.

Kekurangan asupan protein akan mengalami pertumbuhan rambut putih/uban yang lebih cepat. Nutrien yang dikonsumsi membantu memfortifikasi folikel rambut dan kulit kepala yang mengelilinginya. Folikel yang lebih sehat membuat rambut lebih sehat.

Memang makanan bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi kesehatan rambut Anda. Kebiasaan merokok, ketidakseimbangan hormon, dan kurangnya tidur juga dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Namun, tidak ada salahnya mengatur makanan yang dikonsumsi menjadi lebih seimbang, bervariasi, dan tinggi protein.

Berikut beberapa sumber makanan yang berguna untuk kesehatan rambut:
1. Ikan
Kandungan protein, zat besi, dan vitamin B12 pada ikan sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut. Jenis ikan yang kaya akan omega-3 seperti salmon, tuna, dan sarden yang sangat baik untuk mencegah kulit kepala menjadi kering sehingga memberikan kesan rambut kusam.

2. Telur
Kandungan protein, vitamin B12, zat besi, zinc, selenium, dan omega 6 pada telur dibutuhkan untuk menunjang proses pemenuhan nutrisi untuk rambut. Telur juga kaya akan biotin, sebuah nutrisi  yang dipercaya baik untuk pertumbuhan rambut, juga untuk kesehatan kulit dan kuku.

3. Oat
Selain tinggi serat, kandungan asam lemak omega-6 diketahui penting untuk menjaga kulit tetap sehat, serta menjaga perkembangan rambut.

4. Susu rendah lemak, keju, dan yogurt
Susu serta produk olahan susu rendah lemak lainnya juga baik untuk dikonsumsi. Sumber makanan ini kaya akan kalsium sebagai sumber mineral penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Susu sapi rendah lemak juga baik untuk mencegah kerontokan rambut.

5. Kacang-kacangan
Dari jenis makanan nabati, kacang-kacangan bisa dijadikan sumber protein alternatif lainnya. Kacang-kacangan juga mengandung biotin, zat besi dan zinc, yang mana esensial untuk menumbuhkan rambut yang sehat. Contoh sumber kacang-kacangan: kacang polong yang mengandung nutrisi seimbang seperti zat besi, zinc, serta kelompok vitamin B yang baik untuk kesehatan rambut. Selain itu kandungan omega-3, biotin, dan vitamin E yang tinggi pada walnut, dapat membantu melindungi sel dari kerusakan DNA.

6. Sayuran hijau
Bayam, brokoli dan banyak sayuran berdaun hijau lainnya mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan rambut. Vitamin A dan C membantu memproduksi minyak di kulit kepala, membuatnya tidak tampak kering dan tetap bersinar. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung kalsium dan zat besi.

7. Kiwi
Buah yang satu ini kaya akan vitamin C. Zat besi akan diserap dengan lebih baik jika dipadukan dengan dosis vitamin C yang tinggi. Kiwi merupakan asupan yang membantu menjaga dan meningkatkan kondisi kesehatan rambut secara alami.

Proses perbaikan kerontokan rambut biasanya akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, oleh karena itu terapi dan perawatan rambut yang rutin dan teratur memang sangat dianjurkan. Proses terapi tidak hanya dengan obat-obatan tetapi memastikan kebutuhan nutrisi bagi rambut terpenuhi dan menghindari tindakan yang dapat mengakibatkan kerontokan rambut.

Baca Juga:
Serba-Serbi Rambut Rontok: 5 Tips Perawatan Rambut Rontok
Serba-Serbi Rambut Rontok: 10 Pemicu Kerontokan Rambut
Serba-Serbi Rambut Rontok: 4 Fase Pertumbuhan Rambut

Sumber :
http://www.viviscal.com/hair-growth-cycle
http://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hair-loss/features/fig... diunduh pada tanggal 3 maret 2016
http://www.nhs.uk/Conditions/Hair-loss/Pages/Treatment.aspx diunduh pada tanggal 3 maret 2016
http://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hair-loss/ss/slideshow-womens-hair-loss
http://webkesehatan.com/7-makanan-terbaik-untuk-kesehatan-rambut/

Category: