Article

Share this

Seberapa Banyak Lemak untuk Anak Anda?

Kabar Sehat Online – Anak-anak membutuhkan lemak sehat yang cukup untuk perkembangan otak dan sistem saraf. Tapi, seberapa banyak lemak yang mereka butuhkan?

Lemak menjadi salah satu asupan yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Selain memasok bahan bakar untuk tubuh, lemak juga membantu tubuh menyerap beberapa vitamin, yakni vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak. Ini berarti, vitamin itu dapat diserap tubuh jika ada lemak.

Lemak merupakan sumber energi tetapi memiliki dua kali lipat lebih besar jumlah kalorinya dibandingkan karbohidrat atau protein. Misalnya, 1 gram lemak menyediakan 9 kalori, sedangkan 1 gram karbohidrat atau protein menyediakan 4 kalori.

Lalu, seberapa banyak kebutuhan lemak bagi anak-anak? Jika kolesterol tidak baik untuk orang dewasa, berbeda dengan anak-anak. Anak-anak membutuhkan kolesterol untuk perkembangan otak mereka. Bagi anak berusia di bawah 2 tahun, kebutuhan lemak tidak dibatasi. Anak-anak usia 1 sampai 3 tahun, kebutuhan lemak mencapai 30% sampai 35% dari kalori. Untuk usia 4 sampai 18 tahun, kebutuhan lemak direkomendasikan sekitar 25% sampai 35% dari kalori.

Namun dengan gaya hidup dewasa ini, anak-anak sepertinya agak susah mendapatkan asupan lemak baik yang cukup dengan kebutuhannya. Mereka cenderung memiliki asupan lemak yang berlebihan dan ini menyebabkan kenaikan berat badan. Padahal anak-anak yang mengalami kenaikan berat badan memiliki risiko lebih besar terkena penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga asupan lemak dalam rentang yang direkomendasikan yakni menyajikan makanan alami rendah lemak, seperti buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, daging tanpa lemak dan ikan, serta produk susu rendah lema; memilih lemak tak jenuh untuk memasak; dan jika memasak daging, ikan, atau unggas, pilih pengolahan dengan cara memanggang. Jangan lupa untuk membuang bagian kulit unggas jika Anda mengolahnya dengan cara menggoreng.