Article

Share this

Perangi Polio, Ilmuwan Kembangkan Vaksin Buatan

polio_vaksin_sintetis_kabar sehat online
bbc.com

KabarSEHATOnlineRatusan ribu kasus penyakit polio di seluruh dunia, hampir terbasmi secara menyeluruh. Pada 2014, WHO melaporkan hanya ada 350 kasus polio di seluruh dunia, dimana kebanyakan ditemukan di Pakistan.

Upaya pembasmian penyakit ini sempat menimbulkan masalah. Salah satu penyebabnya adalah karena vaksin oral yang sekarang digunakan, menggunakan versi virus yang sudah dilemahkan untuk merangsang daya tanggap tubuh, dan perlindungan di dalam pasien.

Bagi beberapa pasien, vaksin ini malah menyebabkan infeksi dalam usus yang memungkinkan virus menjadi aktif lagi dan keluar dari tubuh dan menyebar ke tubuh orang lain yang belum divaksinasi.

Sebuah tim ilmuwan internasional mencoba mengembangkan vaksin yang sepenuhnya merupakan vaksin buatan atau sintetis untuk memerangi penyakit polio. Para ilmuwan mengharapkan pendekatan baru ini dapat mengatasi kekurangan pada vaksin yang ada sekarang guna membantu melenyapkan polio secara menyeluruh.

World Health Organization (WHO) dan Bill & Melinda Gates Foundation memberikan dana sebesar US$674.000 atau sekitar Rp8 miliar untuk proyek ini. Proyek vaksin buatan ini diumumkan di pertemuan tahunan the American Association for the Advancement of Science di San Jose, California, Amerika Serikat. [SaS] Dikutip dari http://www.bbc.com/

Category: