Article

Share this

Pentingnya Mengukur Tensi Pada Kedua Lengan

tensi_jantung_stroke_hipertensi_kabar sehat online
livescience.com

KabarSEHATOnlineKebanyakan pemeriksaan tensi hanya dilakukan pada salah satu lengan saja. Namun menurut sebuah penelitian, mengukur tekanan darah di kedua lengan ternyata lebih baik dibanding hanya salah satunya. Kenapa?

Peneliti dari Harvard Medical School, Amerika Serikat, mencatat tekanan darah kedua lengan sekitar 3,000 orang responden yang berusia lebih dari 40 tahun. Menurut peneliti, tekanan yang lebih besar pada salah satu lengan mengindikasikan arteri banyak terhalang lemak. Hal ini menandakan arteri pada jantung dan otak juga mengalami hambatan yang sama.

Hasil penelitian yang diterbitkan pada American Journal of Medicine menyebutkan responden pria dan wanita yang mengalami perbedaan tersebut, berisiko 38% menderita serangan jantung fatal, stroke, atau masalah kardiovaskuler lain dalam 13 tahun ke depan.

Hasil penelitian ini merekomendaskan bahwa risiko tersebut dapat diantisipasi dengan cara yang murah, cepat, dan sederhana yaitu menambah pemeriksaan tensi. Pemeriksaan ekstra (pada kedua lengan) dapat memberi peringatan dini yang kemudian akan menganjurkan perubahan gaya hidup untuk memperbaiki kesehatan jantung.

Hipertensi akan meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung hingga tiga kali lipat. Hipertensi juga mengganggu ginjal, mata, dan meningkatkan risiko demensia. Sayangnya, gejala penyakit kardiovaskuler dan hipertensi sering kali tidak terdeteksi atau terlalu telat. [SaS] Dikutip dari http://www.livescience.com/ dan http://www.dailymail.co.uk/

Category: