Article

Share this

Pembalut Wanita Mengandung Klorin Aman Digunakan

pembalut_klorin_kabar sehat online
wikihow.com

KabarSEHATOnline - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menemukan kandungan klorin pada 9 pembalut wanita yang biasa dipakai saat menstruasi dan 7 pantyliner. Adanya klorin ini dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan organ intim wanita. Namun, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menegaskan, pembalut wanita yang mengandung klorin sejauh ini aman digunakan.

Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan, Maura Linda Sitanggang, mengatakan pembalut wanita maupun pantyliner yang beredar di Indonesia, telah melewati proses uji laboratorium dan mendapat izin edar. Pemakaian klorin pun tidak diatur dalam standar Internasional karena aman digunakan.

Klorin memang bersifat sebagai racun jika dimakan. Namun, Food and Drugs Administration (FDA) juga tidak menetapkan standar penggunaan klorin pada pembalut, begitu pula dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Klorin itu yang tidak boleh, dikandung dalam makanan.

Masyarakat diminta untuk tidak resah dengan adanya penelitian mengenai kadar klorin pada pembalut. Yang berbahaya bagi kesehatan, yaitu jika pembalut mengandung dioxin. Dioxin, dalam suhu panas bisa menguap, bisa masuk ke dalam tubuh dan disebut dapat memicu penyakit kanker serviks pada wanita.

Untuk itu, pemakaian dioxin pada pembalut telah dilarang. Semua pembalut yang memiliki izin edar di Indonesia bebas dioksin dan aman digunakan. Dikutip dari berbagai sumber

Category: