Article

Share this

Mau Langsing? Jangan Telat Makan Siang

Mau Langsing Jangan Telat Makan Siang
123rf.com

KabarSEHATOnlineJam berapa biasanya Anda makan siang? Apakah Anda termasuk orang yang sering menunda makan siang? Ternyata menunda makan siang punya dampak buruk buat tubuh Anda lho.. Apalagi jika Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan.

Kesibukan kerja seringkali membuat Anda lupa makan siang atau bahkan makan siang di meja kerja. Ternyata, makan siang mempunyai peran yang sama pentingnya dengan sarapan dalam hal penurunan berat badan.

Penelitian yang dilakukan Brigham and Women's Hospital dan University of Murcia menunjukkan bahwa orang yang telat makan siang lebih sulit menurunkan berat badan. Sebanyak 420 orang gemuk di Spanyol mengikuti program penurunan berat badan selama 20 minggu. Setengah dari mereka menyantap makan siang sebelum jam tiga sore, sementara sisanya setelah itu.

Hasilnya? Kelompok yang bersantap lebih awal sukses menurunkan berat badan rata-rata 10 kg. Angka ini 2,3 kg lebih banyak dibanding mereka yang telat makan. Laju penurunan berat badan pada kelompok kedua juga jauh lebih lambat.

Mereka yang telat makan juga mengonsumsi lebih sedikit kalori saat sarapan atau bahkan cenderung melewatkan sarapan sama sekali. Kelompok inipun diperkirakan memiliki sensitivitas insulin yang lebih rendah, yang bisa menjadi faktor risiko diabetes.

Dari penelitian ini, para peneliti berkesimpulan bahwa makan siang bukan hanya tidak boleh dilewatkan sama sekali, melainkan juga harus dikerjakan tepat waktu kalau Anda ingin cepat langsing. [SaS] Dikutip dari dailymail.co.uk

Category: 

Comments

Wahh ,.. apa benar begitu?
memang setalah saya amat2i orang yang sedang dalam proses penurunan berat badan ( diet )
tak pernah tampak di meja makan setiap waktu jam makan siang, saya fikir itu usaha mereka yang baik untuk menurunkan berat badannya, tapi ternyata menurut Brigham and women's Hospital dan University of Murcia lain ya? Baiklah, terima kasih untuk wawasannya,...

Standar tidak telat makan siang itu jam 3 siang ya..
kalau begitu sampai stgh 2 masih okelah ya :D

Informasi yang baru bagi saya. Intinya...menjaga keteraturan dan kelengkapan asupan gizi untuk tubuh selama kita beraktivitas sehari-hari sangat penting. Jangan menunda apalagi sampai "melupakan" makan apabila tubuh sudah mengirimkan "alarm" . Sehat itu penting dan mahal so makanlah tepat pada waktunya :)

Menurut saya terlalu banyak penelitian yang mengkaitkan banyak hal dengan potensi penurunan berat badan. Saking terlalu banyaknya, malah membuat orang yang ingin menurunkan berat badan merasakan kekhawatiran berlebihan jika tidak melakukan hal yang dijelaskan oleh penelitian tersebut. Yang paling penting sebenarnya mengetahui kenapa berat badan bisa tinggi. Apakah faktor bawaan (tulang besar, tinggi badan, dll) ataukah gaya hidup (banyak makan tidak sehat, kurang olahraga, dll). Jika faktornya bawaan, menurut saya tidak usah terlalu dipikirkan selama kondisi tubuh (tekanan darah, kadar gula, dll) masih normal. Jika memang dari gaya hidup, cukup ubah ke dalam gaya hidup sehat. Mulai rajin berolahraga dibarengi makan teratur dan seimbang. Ubah cara pandang dari "ingin mendapatkan tubuh yang kurus" menjadi "ingin mendapatkan tubuh yang sehat"

Bagi orang-orang yang bermaksud menurunkan berat badan, makan tepat waktu akan mepermudah melakukan kontrol terhadap banyaknya makanan yang akan dikonsumsi.
Bayangkan saja jika kita menahan untuk tidak makan siang, nah.. rasa lapar akan menghantui kita sepanjang hari.. hingga akhirnya ketika kita bertemu dengan makanan maka Hap Hap Hap... kita akan melahap makanan tanpa memperhatikan jumlahnya.
Oleh karena itu makanlah teratur, dan perhatikan jumlah kalorinya. Kurangi karbohidrat dan makanan berlemak, perbanyaklah jumlah sayuran.
Pelajarilah cara menurunkan berat badan secara sehat.

Betul sekali, jika ingin langsing tidak harus diet berlebihan cukup atur pola makan sehat setiap hari, pasti berhasil. Dan ikuti istilah "Makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang".