Article

Share this

Kurangi Konsumsi Garam Saat Puasa

garam_puasa_kabar sehat online
nydailynews.com

KabarSEHATOnline - Selama berpuasa, Anda dianjurkan untuk mengurangi konsumsi garam dalam makanan. Konsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi akan menyebabkan tubuh terasa lebih cepat mengalami dehidrasi dan lebih cepat merasa lapar. Lalu, berapa batas aman konsumsi garam saat puasa?

Garam tergolong senyawa yang bersifat mengikat cairan dengan kuat. Sehingga ketika Anda mengonsumsi jenis makanan tinggi garam secara berlebih, air di tubuh akan diikat oleh garam dan kemudian dikeluarkan bersamaan dengan urin.

Kebutuhan garam seseorang tidak berubah selama berpuasa. Menurut Dietary Guidelines for Americans, garam dapat dikonsumsi maksimal 2.300 mg dalam satu hari. Ini berarti seseorang dapat mengonsumsi sekira satu sendok teh garam setiap hari. Namun, jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, diabetes atau berusia 51 tahun dan lebih, pastikan Anda tidak lebih dari 1.500 mg dalam mengonsumsi garam dalam sehari.

Untuk garam bukan hanya dalam bentuk garam dapur tetapi kandungan natrium di bahan makanan lain. Oleh karena itu, hindari makanan tinggi natrium seperti ikan asin, mie, saus tomat dan saus sambal atau sambal terasi serta makanan kaleng yang diawetkan, karena akan mengakibatkan rasa haus berlebihan saat puasa. Dikutip dari berbagai sumber
 

Category: