Article

Share this

Konsumsi Jamur Memperlambat Kenaikan Berat Badan

jamur_diet_kabar sehat online
jkdrinks.org

KabarSEHATOnline - Jamur, selain dikenal dapat meningkatkan imunitas tubuh, ternyata dapat digunakan juga untuk mengurangi berat badan. Hal ini terungkap dari sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Chang Gung University, Cina.

Jamur jenis Ganoderma lucidum ini dites pada hewan tikus. Selama dua bulan, satu kelompok tikus diberi makan makanan tinggi lemak dan ekstrak jamur G. lucidum, sedangkan kelompok lainnya diberi makan hanya makanan tinggi lemak saja.

Hasilnya adalah kelompok tikus yang diberi makan hanya makanan tinggi lemak saja mengalami kenaikan berat badan sebanyak 42gr, sedangkan kelompok tikus yang diberi tambahan makan esktrak jamur G. lucidum bertambah berat badan hanya 35gr.

Para peneliti mengatakan ekstrak jamur tersebut memperlambat kenaikan berat badan tikus dengan merubah bakteri yang ada dalam usus. Bakteri usus yang berubah, merupakan bagian dari pencernaan dan pengolahan energi tubuh.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications menyatakan bahwa ekstrak jamur tersebut digunakan sebagai probiotik untuk mengurangi berat badan, radang kronis dan resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2.

Walaupun berpotensi sebagai pengobatan terhadap obesitas, ekstrak jamur ini tetap perlu dites kepada manusia. Seorang mikrobiologis dari University College Cork di Irlandia, Prof. Colin Hill, mengatakan antusias dengan munculnya kembali obat-obatan tradisional. Namun, obat-obatan ini tetap tidak akan berhasil jika tidak didukung dengan perubahan gaya hidup seseorang. [SaS] Dikutip dari http://www.bbc.com/

Category: