Article

Share this

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Memberi Obat Untuk Anak

obat_anak_dosis_kabar sehat online
redorbit.com

KabarSEHATOnlineKetika anak sakit, seringkali orangtua akan segera memberikan obat. Namun, sebaiknya sebelum memberikan obat ke anak, cek kembali label pada kemasan obat. Jangan sampai salah memberi obat atau terlalu banyak dosisnya.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Pediatrics, di Amerika Serikat, setiap 8 menit seorang anak mengalami kesalahan medis karena salah mengonsumsi obat atau dosis terlalu banyak mengonsumsi obat.

Para peneliti menganalisa laporan dari the National Poison Database dari tahun 2002 hingga 2012 dan menemukan lebih dari 200,000 kasus kesalahan medis pemberian obat yang dilaporkan ke US Poison Control Center setiap tahunnya. 30% dari jumlah kasus tersebut terjadi pada anak-anak dibawah usia 6 tahun.

Sebanyak 82% kasus kesalahan medis pemberian obat diakibatkan oleh obat cair, kemudian 14,9% terjadi akibat salah pemberian obat tablet dan kapsul. Para peneliti menambahkan, 27% kesalahan terjadi saat anak secara tidak sengaja diberikan obat yang sama dalam jangka waktu yang terlalu dekat dengan pemberian obat sebelumnya.

Dalam jangka waktu 11 tahun masa studi yang dianalisa, sebanyak 25 kasus kematian terjadi akibat kesalahan medis ini. Namun, kebanyakan kasus tidak membutuhkan penanganan medis tertentu.

Para peneliti mengatakan, angka kejadian kasus-kasus seperti ini seharusnya bisa dikurangi. Mereka menyarankan agar produsen obat membuat petunjuk pemberian obat serta dosis yang lebih jelas pada label kemasan obat mereka. [SaS] Dikutip dari http://time.com/

Category: