Article

Share this

Hati-hati, Mainan Anak Bisa Jadi Lebih Kotor dari Toilet!

Hati-hati, Mainan Anak Bisa Jadi Lebih Kotor dari Toilet!
123rf.com

KabarSEHATOnline Kebersihan rumah menjadi suatu hal penting jika Anda memiliki anak. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ternyata peralatan game mengandung bakteri lima kali lebih banyak dibandingkan dudukan toilet.

Game console, sepeda, dan mainan anak lainnya ternyata mengandung lebih banyak bakteri dibanding dudukan toilet. Jenis bakteri yang mendominasi adalah Escherichia coli, APC, dan Enterobacteriaceae. Itulah beberapa temuan dari penelitian yang dilakukan oleh UNICEF dan sebuah perusahaan pembersih di Inggris.

Mainan trampolin memiliki kuman paling banyak, dengan 640 ribu per 100 sentimeter persegi. Sementara sepeda dan bola menunjukkan angka 14 ribu per 100 sentimeter persegi. Sedangkan Dudukan toilet hanya mengandung 1.600 kuman per 100 sentimeter persegi.

Untuk game controller, angka kontaminasi mencapai 7.863 per 100 sentimeter persegi, jumlah ini 5 kali lebih banyak, dibanding dudukan toilet. Sedangkan boneka beruang teddy bisa mengandung 2.549 kuman per 100 sentimeter persegi.

Sofa menjadi lokasi lain yang harus diwaspadai. Lengan sofa terkontaminasi kuman 12 kali lebih banyak dibanding dudukan pada toilet. Sedangkan untuk pegangan kulkas, jumlahnya mencapai 7.474 kuman per 100 sentimeter persegi.

Menurut para peneliti untuk menghadapi kondisi ini, menjaga kebersihan menjadi benteng utama. Cuci tangan menjadi cara paling efektif dan sederhana mengurangi pengaruh kuman. Keamanan ada di tangan setiap orang. Tangan yang bersih mencegah perpindahan kuman. Kebersihan juga mencegah diri sendiri tertular penyakit dari orang lain. [SaS] Dikutip dari www.dailymail.co.uk

Category: