Article

Share this

Bukti Ilmiah, Menikah Memang Bikin Gemuk

ilmiah, suami, istri, nikah, gemuk, obesitas, kabar, sehat, online
123rf.com

KabarSEHATOnlineBanyak orang yang setelah menikah tubuhnya menjadi lebih gemuk. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika, yang menyatakan bahwa saat salah satu pasangan Anda mengalami kegemukan, risiko yang lain menjadi obesitas, adalah dua kali lipat.

Penelitian dilakukan terhadap 4.000 pasangan selama 25 tahun Di awal penelitian, 23 persen pria dan 25 persen wanita mengalami obesitas.

Pria yang tidak obesitas yang istrinya mengalami obesitas, memiliki kemungkinan sekitar 78 persen menjadi gemuk selama periode itu, dibandingkan dengan suami yang istrinya tidak mengalami banyak kenaikan berat badan.

Suami yang menjadi gemuk dikaitkan dengan 89 persen meningkatnya risiko obesitas pada istri-istri mereka. Ketika pasangan dapat mengatasi masalah berat badan, pasangan mereka pun lebih mungkin menjadi non-obesitas.

Menurut para peneliti, bukan merupakan hal aneh, pasangan menikah membentuk kebiasaan bersama dari waktu ke waktu yang bisa mempengaruhi berat badan mereka. Seiring waktu, kesamaan pola makan, terutama makanan-makanan yang tidak sehat, dapat menyebabkan perubahan berat badan.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam the American Journal of Epidemiology juga menyatakan bahwa ada juga berbagai tekanan dalam kehidupan yang bisa berdampak pada obesitas, misalnya memiliki anak, pekerjaan, pengetahuan kesehatan bersama, atau masalah keuangan. Sama dengan kebiasaan yang tidak sehat, pilihan gaya hidup sehat juga bisa menular dalam pernikahan. [SaS] Dikutip dari http://www.reuters.com/

Category: